Mudik Lebaran, Polda Jabar Siagakan 50 Motor Pengurai Macet di Jalur Tol Utara (Pantura)


[portalpiyungan.com] Bandung - Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Barat menyiapkan 50 unit motor yang beroperasi di jalur Pantura untuk mengurai kemacetan mulai H-7 arus mudik Lebaran Idul Fitri 2016. Kendaraan tersebut diperbolehkan masuk ke jalur tol yang sudah ditentukan.

Korlantas Mabes Polri membagikan 160 motor pengurai ke empat Polda, yakni Polda Jabar sebanyak 50 unit, Polda Jatim 40 unit, Polda Jateng 50 unit, dan Polda Banten 20 unit.

"Kita mendapatkan 50 unit motor pengurai. Kita utamakan di jalur Pantura dalam rangka mengantisipasi kepadatan kendaraan dan pemberlakuan contraflow di jalan tol Cikampek mulai KM 14 sampai Km 61," ujar Dirlantas Polda Jabar, Kombes Pol Sugihardi, di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Rabu (29/6/2016).

Kombes Pol Sugihardi menjelaskan, motor jenis trail tersebut akan menyisir titik-titik kemacetan untuk mencairkan kepadatan kendaraan dengan penyesuaian waktu selama pemberlakukan contraflow dibuka. Baik di dalam, maupun di luar ruas tol dengan waktu yang lebih efisien.

"Kalau masalah waktu nanti disesuaikan selama contraflow diberlakukan, tim pengurai ini akan melaksanakan tugasnya. Kita juga memantau melalui CCTV yang terpasang di beberapa titik untuk melihat arus kendaraan," jelas Kombes Pol Sugihardi.

Motor pengurai ini juga akan membantu petugas Patroli Jalan Raya (PJR) yang bertugas di sepanjang tol wilayah utara.

"Kalau situasi yang padat kendaraan sehingga mobil PJR tidak bisa menjangkaunya, maka motor ini yang masuk ke pusat kemacetan," tutup Kombes Pol Sugihardi.

Sumber: www.mascipol.org


Baca juga :