Sultan Erdogan: Kami Akan Kirim Kapal-Kapal Bantuan Secara Besar-besaran Ke Somalia Ramadhan Ini

(Presiden Erdogan didampingi Ibu Negara saat meresmikan pembukaan Komplek Kedubes Turki di Mogadishu, Somalia, Jumat 3 Juni 2016)

Mogadishu - Presiden Turki, Rajab Tayyeb Erdogan mengatakan: Bulan Sabit Merah Turki telah mengirimkan 10 juta ton bahan pangan ke Somalia, dan Turki masih akan mengirimkan lagi kapal-kapal bantuan secara besar-besaran ke Somalia pada bulan Ramadhan tahun ini.

Erdogan juga menyinggung bahwa rakyat Ethiopia, Eritrea, dan Somalia hidup dalam kondisi yang sangat paceklik, kelaparan, dan sangat sulit.

Hal itu disampaikan pada saat jumpa pers bersama antara Erdogan dan Presiden Somalia, setelah menandatangani beberapa poin kesepakatan antara kedua negara di Ibu Kota Mogadishu, pada Jumat (03/06/16), seperti dilansir situs trtarabic.tv.

Erdogan juga menekankan bahwa proyek-proyek ini adalah hadiah dari Rakyat dan Negara Turki untuk Somalia. Erdogan juga menyampaikan masih ada lagi proyek-proyek besar lainnya yang akan menjadi kebanggaan rakyat Somalia, yang sedang dikerjakan oleh perusahaan-perusahaan Turkia yang akan selesai dalam jangka dua tahun ini. Erdogan mengatakan, "Lima tahun yang lalu, proyek-proyek ini dianggap khayalan belaka, namun sekarang akhirnya satu demi satu terwujud".


Pada kesempatan lain, Erdogan juga membahas berbagai permasalahan bersama Presiden Somalia terkait penguatan hubungan bilateral kedua negara dan penyelesaian beberapa proyek pengembangan dan penandatanganan 9 poin kesepakatan kedua negara.

Pada kesempatan yang sama Erdogan juga mengatakan, "Somalia sudah melalui berbagai kondisi sulit, dan senantiasa bekerja keras untuk melewatinya, dan kami mengharapkan agar pemilu-pemilu berikutnya menjadi media persatuan dan kesatuan Somalia". Hal ini terkait pertikaian yang masih terjadi di Somalia.

Dalam kunjungan kenegaraan itu, presiden Erdogan juga meresmikan Komplek Kedutaan Besar Turki di Somalia dan mengatakan bahwa Rakyat dan negara Turki bangga dengan suksesnya pembukaan rumah sakit anak-anak di Somalia, dengan kapasitas 130 tempat tidur.

Presiden Erdogan bersama ibu negara dan sejumlah pejabat Turki melakukan kunjungan kenegaraan ke benua Afrika sejak Selasa (31/5) lalu, meliputi Kenya, Uganda, Somalia. [Kivlein Muhammad]


Baca juga :