Sinergisitas Dakwah dan Politik


"Sinergisitas Dakwah dan Politik"

Oleh: Sumardi
PKS Manggarai Barat NTT

Politik dan Dakwah dalam perspektif kebanyakan orang, adalah dua hal berbeda, dan cukup rumit untuk dipadukan. Politik selalu diasosiasikan dengan urusan dunia. Sementara, dakwah selalu berhubungan dengan akhirat.

Namun demikian, bagi PKS Politik dan Dakwah adalah dua sisi mata uang yang saling melengkapi. Politik dalam pandangan PKS adalah bagian dari ibadah kepada sang Pencipta.

Sejak harakah ini di dirikan, konsep awal tentang kehidupan yang kita bangun adalah kehidupan Islami yang integral dan komperhensif. Dengan tidak mendikotomi antara kehidupan dakwah dan Politik, antara agama dan negara.

Sekarang, tidak ada jalan bagi kita untuk menyatukan agama dan negara, kecuali kita mengambil bagian dari aktivitas politik. Dan sekarang, dalam sistem demokrasi, jalur untuk sampai kepada otoritas pengambil kebijakan tertinggi, hanya ada melalui jalur partai politik.

Kita tentu menyadari bahwa, partai politik memiliki peran yang sangat strategis dalam menentukan arah pembangunan. Ketika kita mendidikasikan diri menjadi aktvis politik, maka yakinlah bahwa kita tengah berdakwah dan beribadah kepada Allah.[]


Baca juga :