Setelah Rekaman Utuh Dibuka, Bos Freeport Akhirnya Akui Setnov Tak Pernah Minta Saham


Dicecar pertanyaan oleh Anggota Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Adies Kadir tentang ada atau tidaknya ucapan Ketua DPR RI Setya Novanto meminta saham sebesar 20 persen, Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin akhirnya 'menyerah'.

"Tolong tunjukkan dimana pernyataan Novanto meminta saham 20 persen?" tanya Adies di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (3/12/2015), dilansir okezone.

Pertanyaan itu dikeluarkan Adies karena dalam rekaman, yang menyebutkan saham 20 persen adalah pengusaha Riza Chalid dan bukan Setya Novanto: "Pak, kalau gua, gua bakal ngomong ke Pak Luhut janganlah ambil 20 persen, ambillah 11 persen kasihlah Pak JK 9 persen. Harus adil, kalau enggak ribut," bunyi rekaman tersebut.

Maroef akhirnya mengakui, bahwa Riza Chalid lah yang meminta saham tersebut. "Yang menyatakan di sini MR (Muhammad Riza Chalid)," jawabnya.

Adies kemudian bertanya lagi, apakah ada bagian lain dalam rekaman yang mencantumkan permintaan saham oleh Setnov, Maroef tampak berpikir panjang sehingga ditengahi oleh Pimpinan Sidang Junimart Girsang.

"Kalau tidak ingat jangan coba menjawab, nanti bias," tegas Junimart. Akhirnya, Maroef memilih tak menjawab pertanyaan terakhir Adies.
__
Baca juga: Niatnya Membongkar ‪#‎PapaMintaSaham‬ Yang Terbongkar Malah ‪#‎PapaMenangCurang‬


Baca juga :