Tokoh Ulama IM Mesir, Syeikh Muhammad Abdullah Al-Khatib Meninggal Dunia


Mantan anggota Maktab Irsyad Jamaah Al-Ikhwanul Al-Muslimin dan Anggota Dewan Syuro Ikhwanul Muslimin Syaikh Dr Muhammad Abdullah Al-Khatib meninggal dunia hari Selasa (3/11/2015) kemarin di usia 86 tahun.

“Ikhwanul Muslimin berduka, Syeikh al-Mujahid al-Alim al-Azhari Muhammad Abdullah al-Khatib, mantan anggota Maktab Irsyad Jamaah Al-Ikhwanul Al-Muslimin dan Anggota Dewan Syuro Ikhwanul Muslimin, meninggal hari ini. Kita berdoa kepada Allah semoga mengampuni dan menerimanya di surga yang kekal,” demikian dikutip laman ikhwanonline.com.

Syaikh Muhammad Abdullah Al-Khatib salah seorang ulama Al-Azhar. Dan termasuk generasi awal Al-Ikhwan Al-Muslimun. Bergabung dengan Ikhwanul Muslimin sejak di bangku sekolah hingga akhirnya beliau dipenjara bersama angota IM yang lain selama 10 tahun di jaman Presiden Gamal Abdul Naser yang mengkhianati Ikhwanul Muslimin pasca keberhasilan revolusi Dhubat al-Ahar (Perwira pembebas) tahun 1952.

Karya-karyanya telah banyak menghiasi pustaka muslim, di antara karyanya yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah Syarah Risaalah At-Ta'aalim dengan judul 'Nazhaaraat Fii Risaalah At-Ta'aalim'.

Berikut adalah profil singkat Syaikh Muhammad Abdullah Al-Khatib:

Lahir

Syaikh Muhammad Abdullah al-Khatib lahir tanggal 26 Februari 1929 di desa Juhaina al-Garbiyah Provinsi, Thahtha Sohaj Mesir.

Beliau tumbuh dalam lingkungan yang menjaga adab dan akhlak dan telah menghafal Al-Qur'an sejak kecil (usia 10 tahun). Menimba ilmu agama di sekolah dan pendidikan al-Azhar, sejak SD, SMP, SMA dan Universitas (Fakultas Usuluddin) hingga spesialisasi Fakultas Bahasa Arab Al-Azhar.

Aktifitas dan Amanah

- Khatib dan Imam di kementerian Wakaf Mesir
- Tahun 1965 ditahan dengan hukuman penjara 10 tahun di jaman Gamal Abdul Naser, rangkaian operasi rezim Gamal terhadap Ikhwanul Muslimin.
- Setelah keluar dari penjara, beliau kembali aktif sebagai imam di masjid Khur Syid di Syubra.
- Kemudian terpilih bekerja di kantor kementerian Wakaf Mesir di bagian Penyebaran Dakwah Islam
- Setelah itu dikirim ke Libya, bekerja selama satu tahun setengah di kantor kementerian Wakaf Libya dan menjadi ketua dewan fatwa di kementerian wakaf Libya.
- Kemudian setelah itu kembali lagi ke Mesir, setelah itu dikontrak oleh kementerian agama dan wakaf Uni Emirat Arab dan menjadi ketua bagian fatwa selama hampir tujuh tahun.

Produktifitas Keilmuan

Sekitar empat puluh karyanya ikut mewarnai dan memperkaya keilmuan dan pustaka Islam, hampir seluruh karangannya konsentrasi membahas masalah Aqidah, Ibadah, pemikiran dan dakwah. Tulisan-tulisan dan fatwanya tersebar di berbagai majalah Islam seperti Majalah Al-Dakwah, Liwa al-Islam (sekarang majalah al-Risalah), selain itu tulisan-tulisan dan fatwanya juga tersebar di website-website Islam.

Kerja Dakwah

Melakukan perjalanan dakwah di banyak negara, baik di Barat seperti Amerika dan Inggris begitu juga dengan negara-negara Arab seperti di Libya, al-Jazair dan Sudan.

Beliau juga mengikuti berbagai konferensi Islam di berbagai negara.

Rumahnya senantiasa terbuka menerima tamu dan murid-muridnya, menjawab berbagai permasalahan dan fatwa terkait urusan agama dan dunia.

Bersama Jamaah Ikhwanul Muslimin

Syaikh Abdullah al-Khatib telah bergabung dengan Ikhwanul Muslimin sejak masa sekolah, hingga ia pun mengalami penangkapan bersama kader-kader Ikhwan lain pada tahun 1965.

Setelah keluar dari penjara, beliau berangkat ke Libya kemudian ke UEA, dan setelah kembali dari UEA ia menjadi salah satu penasehat majalah al-Dakwah sebelum ditutup.

Muhammad Abdullah al-Khatib salah satu anggota maktab al-Irsyad setelah terbentuk pada tahun 1990 hingga tahun 2010 Syaikh Abdullah Al-Khatib mengajukan permintaan berhenti dari keanggotan maktab Irsyad karena kondisi kesehatan.

Syaikh Muhammad al-Khatib juga menjadi penanggung jawab dakwah sebelum akhirnya digantikan oleh Dr. Abdul Rahman al-Bar.

Karya-karya Beliau

Syaikh Muhammad al-Khatib memiliki sejumlah karya yang mencapai 40 lebih, di antaranya:

- Fauq Atlal al-Markisiah wa al-Ilhadiyah
- Nadzarat fi Risalati al-Ta'lim (telah diterjemahkan ke bahasa Indonesia)
- Al-Haj Muaskar Rabbani
- Fiqh al-Shiyam
- Yam al-Lail
- Mafahim Tarbawiyah -6 Jilid
- Fatawa Muashirah, 2 Jilid
- Imam Hasan al-Banna, Daiah, Mujahid.. Syahid
- Urubatu Masr wa Islamuha
- Min Fiqh al-Hijrah
- Al-Qaid al-Murabbi
- Nahwa Umah al-Khulud Ragma Kaid al-Yahud
- Al-Shifat al-Imaniyah wa al-Akhlaqiyah Li al-Mu'minin
- Waqfah fi wajhi Dhalalat al-Fawaid al-Ribawiyah
- Al-Shiyam wa Asraruh
- Al-Daqaiq al-Ghaliyah.. al-Shalah
- Kaif Nanhad bi Abnaina, dll

Wafat

Syaikh Muhammad Abdullah al-Khatib meninggal dunia pada hari Selasa (3/11/2015) di umurnya yang ke 86. Semoga Allah SWT merahmati, mengampuni, dan memasukkannya ke surga firdaus bersama para nabi dan rasul, syuhada, shalihin, dan shiddiqin. Allahumma Aamin.

Sumber: islamicgeo.com




Baca juga :