Penjaga Pantai Turki Selamatkan 58 Pengungsi Yang Kapalnya Ditenggelamkan Yunani


Media Turki Daily Sabah (Jumat, 20/11) memposting berita yang mengharukan dimana penjaga pantai Turki (Turkish Coast Guard) berhasil menyelamatkan 58 pengungsi yang perahunya ditenggelamkan pihak Yunani saat mereka hendak menyeberang ke Eropa.

Penjaga pantai Yunani menenggelamkan perahu yang membawa 58 pengungsi di Laut Aegean pada 12 November 2015, beberapa media melaporkan, mengutip pernyataan pejabat keamanan dari rekaman baru-baru ini. The Ihlas News Agency mengatakan Turki Coast Guard menyelamatkan pengungsi di lepas pantai Didim.

Menurut laporan, para pengungsi meminta bantuan dan penjaga pantai Yunani mengirim kapal ke tempat kejadian. Saat perahu yang membawa pengungsi mulai berjalan mengikuti kapal Yunani, pasukan keamanan Yunani menggunakan tali panduan, yang memiliki pengait di atasnya, kemudian mendorong perahu keluar dari buritan.

Rekaman video menunjukkan setelah melihat perahu pengungsi mulai tenggelam, unit penjaga pantai Yunani meninggalkan tempat kejadian. Air mulai masuk ke perahu dan pengungsi mulai teriak dan menangis sebagian jatuh ke laut. Perahu Turki Coast Guard tiba dan berhasil menyelamatkan 58 pengungsi ke pantai Didim.

Empat provinsi Turki Izmir, Muğla, Aydın dan Çanakkale, yang menghadap ke pulau-pulau Yunani di Laut Aegea dan Mediterania laut, menjadi tempat utama transit pengungsi meninggalkan Turki menuju Eropa.

Setidaknya 3.138 pengungsi telah meninggal saat menyeberangi Laut Mediterania sepanjang tahun ini, menurut Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM). Menurut badan pengungsi PBB, jumlah pengungsi yang masuk ke Eropa pada tahun 2015 melalui Mediterania berjumlah total lebih dari 640.000.

Berikut rekaman videonya:


Sumber: www.dailysabah.com
Terjemahan: Fb Middle EAST Update


Baca juga :