AKP Erdogan Menang Telak, Mata Uang Lira Turki Langsung Meroket


Lira Turki melonjak terhadap dolar AS pada hari Senin (2/11/2015) setelah Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) nya Presiden Recep Tayyip Erdogan Presiden kembali berkuasa dalam kemenangan pemilu yang mengejutkan.

Dilansir Middle East Eye, Kurs Lira pada 2,78 dolar AS pada awal perdagangan, ini merupakan level tertinggi dalam tujuh tahun.

Pemilu ulang yang digelar hari Minggu (1/11) menjadikan AKP memenangkan kembali mayoritas keseluruhan di parlemen Turki (AKP meraih 316 kursi dari total 550 kursi parlemen), membuka jalan bagi terbentuknya pemerintahan satu partai setelah bulan-bulan ketidakstabilan menyusul hasil pemilu bulan Juni yang saat itu tidak menghasilkan single majority di parlemen.

AKP memenangkan hampir setengah suara (49,4%), memberikan sekitar 316 kursi di parlemen, dan sekarang sudah siap untuk memerintah Turki sampai 2019.

"The Turkish lira could now see one of its strongest periods, moving closer to two per dollar down from three,"

"Lira Turki sekarang bisa menjadi salah satu periode terkuat.... " tulis analis FXstreet Valeria Bednarik dalam sebuah catatan yang diterbitkan oleh kantor berita Anatolia.

"Pemilu ini akan mengakhiri masa transisi Turki, ditandai penguatan perekonomian negara," lanjut laporan tersebut.


Baca juga :