Aher Jadi Mak Comblang Kisruh Sampah Jakarta-Bekasi


Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, polemik sampah antara Pemprov DKI Jakarta dan Pemkot Bekasi akan segera selesai. Pasalnya, politis PKS ini telah berbicara dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) maupun Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, dan mengimbau untuk segera ditempuh langkah penyelesaian.

"Masalah sampah itu kan kerjasama antara DKI dan Bekasi, tadi saya sudah ngomong dengan Pak Ahok. Pak Ahok akan segera bertemu dengan Wali Kota Bekasi untuk menyelesaikan. Ya, saya jadi mak comblang nya lah," kata pria yang akrab disapa Aher ini di Balai Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (10/11/2015).

Aher mengatakan, banyak urusan yang harus diselesaikan dan disepakati kedua belah pihak, yang selama ini dikeluhkan Pemkot dan DPRD Bekasi dan diprotes Pemprov DKI Jakarta. Termasuk pula masalah dengan pihak ketiga yakni PT Gondang Tua Jaya sebagai pengelola TPST Bantargebang, Bekasi.

"Kan ada urusan perjanjian antara Bekasi dengan Jakarta. Ada urusan kewajiban sosial bagi masyarakat sekitar yang terkena dampak bau sampah. Ada urusan rute jalan, ada urusan jenis kendaraan supaya sampah tidak bau. Ada juga urusan dengan pihak ketiga PT Godang Tuala Jaya, itu kan juga ada masalah di sana. Saya bilang sama Pak Ahok ini saatnya untuk diberesi seluruhnya," lanjut dia.

Aher melanjutkan, perang pernyataan yang selama ini terjadi justru antara Pemprov DKI dengan DPRD Bekasi akan memperuncing masalah. Sedangkan yang mengurusi sampah secara teknis adalah Pemkot Bekasi. Menurut Aher, komunikasi antara Ahok dan Rahmat Effendi bisa berjalan lancar jika dikomunikasikan dengan baik.

"Komentar-komentar kan selama ini dengan DPRD, padahal urusan teknis sampah bukan di DPRD tapi di Wali Kota Bekasi-nya kan. Artinya, komunikasi antara Wali Kota dengan Pak Gubernur DKI Jakarta kan aman-aman saja, nggak ada komentar apa-apa. Dengan saya juga baik-baik saja, enggak ada masalah," ujar dia.

Aher memastikan akan segera lahir solusi dari masalah sampah ini dengan bertemunya dua kepala daerah ini.

"Karena itu, saya katakan tadi pada Pak Ahok, ini momentum untuk menyelesaikan persoalan sampah," pungkas Aher.

Sumber: Okezone


Baca juga :