Tak Hanya Kirimkan Kapal Angkatan Laut, Turki Juga Berikan Bantuan $ 1 Juta Untuk Rohingya


Turki telah berjanji untuk menambahkan bantuan $ 1 juta untuk pengungsi Rohingya dan Banglades yang terdampar di laut melalui Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) dan Badan PBB urusan pengungsi UNHCR. Demikian dilaporkan kantor berita pemerintah Turki Anadolu Agency, mengutip sumber kepresidenan.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah menghubungi Perdana Menteri Malaysia Najib Razak pada 20 Mei membicarakan pengungsi Rohingya yang terdampar di Laut Andaman dan menegaskan bahwa Turki siap untuk mengambil tanggung jawab atas masalah ini.

Erdogan mengatakan pada PM Razak bahwa Turki menghargai upaya yang telah dilakukan Malaysia, Indonesia dan Thailand untuk pengungsi Rohingya.

Sebelumnya, pemerintah Turki telah mengirimkan kapal Angkatan Laut nya untuk melakukan upaya mencari dan menolong pengungsi Muslim Rohingya yang terdampar di lepas pantai Thailand dan Malaysia.

Perdana Menteri Ahmet Davutoglu mengatakan pada 19 Mei saat bertemu dengan sekelompok anak muda di Istana Çankaya bahwa Turki telah melakukan yang terbaik untuk membantu Muslim Rohingya di laut bekerjasama dengan Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM), dengan bantuan kapal dari Angkatan Bersenjata Turki sudah berlayar di wilayah ini.

Sumber: hurriyetdailynews


Baca juga :