Jadi Khotib Jumat di KAA, Ini Tema Khutbah 3 Bahasa yang Disiapkan Aher


BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher hari ini, Jumat (24/4), akan menjadi khotib saat Shalat Jumat bagi para delegasi Muslim peserta Peringatan Ke-60 Tahun Konferensi Asia Afrika (KAA), di Masjid Raya Bandung.

Apa tema khutbah yang telah disiapkan Aher?

"Temanya adalah menyatupadukan potensi yang ada di Asia Afrika untuk menghadirkan kesejahteraan bersama di wilayah Asia Afrika," kata Ahmad Heryawan, usai melantik Penjabat Bupati Pangandaran di Gedung Sate Bandung, Rabu (22/4) lalu.

Tema khotbah tersebut, kata dia, telah diserahkan olehnya kepada panitia pusat Peringatan Ke-60 Tahun KAA di Jakarta, pekan lalu.

"Sudah kita laporkan ke panitia pusat minggu lalu, karena kan diperiksa terlebih dahulu," kata dia.

Ia menuturkan, pada khotbahnya tersebut nanti juga akan disinggung soal semangat yang akan dibangun oleh masyarakat di negara Asia Afrika dalam membangun kerjasama yakni semangat kebersamaan atau Ukhuwah Insaniah.

"Semangat visi bersama, menentukan nasib bersama ke depan, dengan diikat oleh sebuah ikatan, persaudaraan antara manusia se-Asia Afrika," katanya.

"Dan pada saat bersamaan banyak penduduk Asia Afrika beragama Islam, oleh karenanya disamping diikat oleh pesaudaran dan kemanusian dan diikat bersama persuadaraan agama sehingga lebih kuat lah," tambah Aher.

Netty Prasetiyani atau Nyonya Aher mengatakan suaminya pada beberapa hari ini telah berlatih membacakannya. “Semalam saya dengarkan sedang berlatih penggalan-penggalan ceramah,” kata Netty kepada Tempo di Jalan Pajajaran, Bandung, Rabu, 22 April 2015. Dari susunan acara salat Jumat, jatah berceramah Aher hanya 20 menit.

Menurut Nyonya Aher, urutan ceramah itu awalnya berbahasa Inggris, kemudian bahasa Indonesia, terakhir bahasa Arab.

Sementara itu, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Raya Bandung, Tjetje Subrata mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan pelaksanaan shalat Jumat spesial ini.

Menurut Tjetje, shalat Jumat spesial bersama tamu negara peserta Konferensi Asia-Afrika itu dimulai dari pukul 11.55 WIB. Pukul 12.00 pemukulan bedug yang dilanjutkan azan. Total waktu salat Jumat itu mencapai 45 menit.

"Sebanyak 5 shaf (baris) salat terdepan untuk delegasi dan petugas keamanan," kata Tjetje. Barisan khusus tersebut bisa menampung sebanyak 500 orang jamaah. (Antara, Tempo)

Baca juga :