Kemenangan Zulkifli, Kemenangan Amien Rais

Zulkifli Hasan, Hatta Rajasa, dan Amien Rais (foto: Metrotvnews.com)

Melalui pemilihan yang berlangsung dramatis, Zulkifli Hasan akhirnya terpilih menjadi ketua umum Partai Amanat Nasional periode 2015-2020. Zulkifli memenangi pemungutan suara melawan pesaingnya, Hatta Rajasa, dalam Kongres IV PAN di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali, Minggu (1/3/2015).

Suara antara kedua calon tidak terlalu terpaut jauh. Zulkifli mendapatkan 292 suara, atau hanya selisih 6 suara dengan Hatta yang mendapatkan 286 suara. Adapun 4 suara lainnya abstain.

Pemungutan suara ini sebenarnya dijadwalkan berlangsung pada Senin (2/3/2015), namun dipercepat mengingat situasi yang panas antar kedua kubu. Pemungutan suara dilakukan secara tertutup dengan menggunakan bilik suara. Pemilih juga dilarang membawa handphone atau kamera ke bilik untuk menghindari transaksi jual beli suara.

Faktor Amien Rais

Untuk ketiga kalinya Amien Rais sebagai pendiri PAN berhasil mengegolkan figur yang ia dukung. Pada 2010, Hatta Rajasa juga mendapat sokongan penuh dari Amien. Begitu pula Soetrisno Bachir yang terpilih menjadi Ketua Umum PAN periode 2005-2010. Soetrisno pun didukung oleh Amien yang kala itu tidak berminat lagi menduduk ketua umum setelah memimpin PAN periode 2000-2005.

Dukungan Amien terhadap Zukifli Hasan kali ini pun disampaikan secara terang-terangan. Ia bahkan menyerang Hatta saat menyampaikan pidato pembukaan kongres. Amin mengungkit pertemuan Hatta dengan Jokowi tak lama setelah pemilihan presiden.

Hatta menanggapi dengan tenang ucapan Amien. Menurut Hatta, tak ada yang dirahasiakan atas apa yang terjadi pada tanggal itu. Ia mengatakan bertemu Jokowi untuk mengucapkan selamat lantaran memenangi pemilihan presiden.

Setelah dikalahkan oleh jago Amien Rais, Hatta pun legowo. "Masih ada hari esok dan tugas kita semua membangun partai yang lebih baik," tegasnya usai voting untuk pemilihan Ketua Umum PAN, Minggu malam, 1 Maret 2015. "Saya mengucapkan selamat dan menginstruksikan kepada pendukung saya untuk bersatu kembali membangun partai," ujarnya seperti dilansir TEMPO.CO.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Cyrus Network Hasan Nasbi menilai pemilihan ketua umum PAN adalah pertarungan "besan" dua tokoh politik nasional. Hatta Rajasa yang merupakan besan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Zulkifli Hasan yang merupakan besan pendiri PAN Amien Rais. (Catatan: putra Amien Rais, Ahmad Mumtaz Rais menikah dengan Futri Zulya Safitri, putri Zulkifli Hasan)

"Ini politik besan yang menarik. Kita tunggu saja, besan SBY atau besan Amien Rais yang menang," kata Hasan, di Jakarta Pusat, Kamis (26/2/2015).

Bagaimanapun Amien Rais adalah pendiri dan tokoh sentral PAN.

http://www.takrim-alquran.org/program-sedekah-al-quran-untuk-kedua-orang-tua-2/

Baca juga :