10 Hal Unik dari Turki | Edisi Traveling



Ini postingan ibu Bhara Widyastuti (istri ustadz Nandang Burhanudin) yang ditulis di wall fb-nya. Mereka sekeluarga berkunjung ke Turki.

Yang unik-unik dari Turki :

1. Orang Turki karakternya lembut, ramah, sopan, berwibawa, dermawan.

2. Jika berbicara cepat, diiringi gerakan tangan yang sangat indah, ke kanan ke kiri ke atas dan ke bawah menyesuaikan dengan ritme pembicaraan. Sangat menarik dan ekspresif.

3. Jika berjalan, langkahnya panjang-panjang dan cepat. Bagi orang Indonesia yang terbiasa berlambat-lambat ria cukup membuat hah heh hoh Kebiasaan ini sudah dibiasakan sejak kecil, sehingga setelah mereka dewasa sudah terbentuk karakter Disiplin, berani, setia (halaaaah dasa darma pramuka).

4. Di Turki banyak sekali ditemukan toko-toko yang menjual bunga segar sehingga cukup menyegarkan mata.

5. Kursi-kursi taman di seantero Turtki hampir semuanya berwarna coklat, dan seluruhnya bertuliskan nama kota diikuti dengan Buyuksehir belediyesi. Misal Istambul buyuksehir belediyesi, artinya kurang lebih : milik pemerintah kota Istambul.

6. Penyandang disabilitas mendapatkan berbagai kemudahan, di trotoar-trotoar biasanya disediakan lajur khusus untuk orang tuna netra yang berjalan kaki, sehingga mereka dapat dengan mudah menentukan arah jalannya.

7. Kursi roda para penyandang disabilitas yang terlihat di jalan-jalan terlihat seragam, baik warna maupun merk. Kursi roda tersebut bermesin sehingga masing-masing dapat mengoperasiknnya dengan mudah tanpa harus dibantu orang lain, kecuali jika memang orang tersebut ingi membantu.

8. Di beberapa tempat umum dan masjid disediakan lajur dan lift khusus untuk kursi roda sehingga mereka bisa masuk ke dalam masjid tanpa dibantu.

9. Gadis-gadis di Turki harus bisa memasak sebelum menikah, karena orang Turki senang menjamu tamu dan merasa tabu jika hidangannya dibuat oleh pembantu rumah tangga dan ketika menghidangkan harus degan tangan sendiri, laki dihidangkan oleh suaminya dan tamu perempuan dihidangkan oleh istrinya.

10. Taman-taman di Turki dibersihkan terus menerus menggunakan mesin pembersih sehingga semua taman dan tempat umum sangat bersih.

Tentu masih banyak hal-hal unik lainnya.

Baca juga :