Koalisi Merah Putih Pimpin DPR, Jokowi Semakin Terkunci


JAKARTA -- Koalisi Merah Putih (KMP) pendukung Prabowo diyakini semakin menjepit presiden terpilih Joko Widodo alias Jokowi. Sebabnya, koalisi ini memimpin parlemen.

Pimpinan DPR RI seluruhnya dipimpin anggota KPM. Ketua DPR dari Golkar, Setya Novanto. Empat Wakil Ketua DPR juga dari KMP: Fadli Zon (Gerindra), Agus Hermanto (Demokrat), Taufik Kurniawan (PAN), dan Fahri Hamzah (PKS).

Paket pimpinan ini semakin mengunci pemerintahan Joko Widodo.

Keberhasilan paketan koalisi merah putih dalam menguasai parlemen tidak lepas dari upaya sebelumnya. KMP sebelumnya sudah memenangi UU Pilkada. Dalam rapat paripurna sebelumnya, UU Pilkada disepakati partai koalisi merah putih.

Belum lagi MK yang menolak gugatan UU MD3. Hal ini semakin memuluskan koalisi merah putih memimpin parlemen. Sebabnya, dalam UU tersebut diatur bahwa pimpinan DPR tidak harus dipimpin partai pemenang pemilu.

PDIP dan koalisi pendukung Jokowi berkali-kali mengajukan interupsi dan mengganggu jalannya paripurna penentuan paketan pimpinan DPR. Namun demikian, upaya mereka tidak digubris. (ROL)


Baca juga :