FITRA : Jokowi Hanya Jadikan Relawannya Sebagai Anjing Herder

FITRA menilai pengumuman komposisi kabinet pemerintahan Jokowi-JK, yakni 18 kementerian untuk profesional murni dan 16 profesional Parpol hanya untuk memangkas keterlibatan para relawan yang mendukung di Pilpres lalu.

"Artinya apa? Jokowi lebih enjoy kepada elit partai setelah komposisi diumumkan. Itu artinya goodbye kepada relawan," kata Direktur Investigasi dan Advokasi Forum Indonesia Transparansi Anggaran (FITRA), Uchok Sky Khadafi dalam diskusi yang digelar Relawan Trisakti di Jakarta Pusat, Minggu, 28 September 2014.

Uchok menuding, para relawan akan tetap dimanfaatkan Jokowi-JK hanya untuk menjadi pelindung dari serangan musuh.

"Musuhnya siapa? Kayaknya Koalisi Merah Putih (KMP). Kan kemarin pasca KMP menang, muncul lagi relawan itu, nah itu tandanya, relawan dibuat seperti anjing herder saja," cetusnya.

Sejauh ini yang mendapatkan tempat dalam lingkaran kekuasaan Jokowi-JK bukanlah para relawan, namun orang-orang yang dekat dekat Jokowi-JK.

Sejumlah nama seperti Rini Soemarno, Ari Soemarno, Raden Priyono, Darwin Silalahi, Sofjan Wanandi, yang dipandang FITRA sebagai  orang-orang berintegritas meragukan justru dipilih Jokowi.

"Relawan tak diundang jadi bagian Tim Transisi", tutupnya. (fs)


Baca juga :