Karyawan dan Pasien RSI Madinah Tulungagung Galang Dana Palestina


Agresi  zionis Israel  terhadap wilayah Gaza Palestina yang berlangsung lebih dari sepekan telah menewaskan ratusan orang dan melukai ribuan orang lainnya dengan korban terbesar adalah warga sipil, wanita dan anak-anak. Berbagai fasilitas publik seperti rumah sakit, sekolah, pasar  dan rumah ibadah tidak luput dari sasaran serangan zionis Israel. Kondisi ini memaksa warga Palestina hidup dalam keterbatasan bahan makanan, obat-obatan dan kebutuhan dasar lainnya.

Prihatin dengan kondisi warga Palestina yang menderita akibat kebiadaban zionis Israel  pada umumnya  dan nasib rekan sejawatnya di Palestina, karyawan RSI Madinah Tulungagung berinisiatif membantu dengan melaksanakan aksi penggalangan dana dikalangan internal karyawan.

Manajemen dan karyawan RSI Madinah Tulungagung memang berperan aktif dalam melaksanakan kegiatan sosial dan kemanusiaan berupa khitanan masal, pengobatan gratis, serta santunan anak yatim untuk warga sekitar rumah sakit, sedangkan  untuk  membantu Palestina, kegiatan ini memang baru  pertama kali dilaksanakan.

Namun yang mengharukan, begitu mengetahui ada kegiatan penggalangan dana untuk Palestina dikalangan karyawan rumah sakit, pasien dan pengunjung rumah sakit turut berpartisipasi dan berperan aktif dalam kegiatan ini. “Para pasien  dan keluarganya turut menyumbang meski   sebenarnya mereka juga sedang diuji dengan sakit, mungkin ini berkah Romadhon,” kata dr. Kasil Rohmad, MMRS selaku Ketua Yayasan RSI Madinah. 

“Saya bersedih dan prihatin setelah melihat kondisi anak-anak Palestina di televisi,” ujar seorang keluarga pasien yang enggan menyebutkan identitasnya ketika ditanya motivasi beliau berpartisipasi dalam Aksi penggalangan dana untuk Palestina.

Bekerja sama dengan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI), seluruh bantuan yang terkumpul rencananya akan diwujudkan mobil ambulan, obat-obatan dan peralatan medis dan disalurkan ke wilayah Jalur Gaza.

Ketika dikonfirmasi dalam kesempatan terpisah, Safari Hasan, S.IP, MMRS selaku humas BSMI Tulungagung membenarkan kerjasama penggalangan dana ini. “Benar kami memang bekerjasama dengan berbagai pihak dalam kegiatan penggalangan dana untuk Palestina, termasuk diantaranya dengan RSI Madinah Tulungagung”.

Beliau menambahkan, dalam waktu dekat BSMI akan mengirimkan 12 orang relawan medis dan tenaga kesehatan lainnya untuk menolong warga Gaza yang sakit dan terluka akibat kebiadaban zionis Israel di Jalur Gaza.


Baca juga :