Hari Ini Pemungutan Suara Ulang di 13 TPS Jakarta, Ini Daftar TPS-nya

Suasana pemungutan suara ulang di TPS 95 Sunter Jaya Tg.Priok, 19/7/2014 (foto @PKStgpriok)

JAKARTA - Pelaksanaan pemungutan suara ulang di 13 TPS di kota Jakarta akan dilakukan serentak pagi ini. Pemungutan suara ulang di 13 TPS tersebut dilakukan menyusul adanya laporan dari Tim Advokasi Prabowo-Hatta akan adanya dugaan pelanggaran oleh peserta pemilu.

Jumlah 13 TPS yang dilansir Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta ini berbeda dengan apa yang disebut oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta sebanyak 16 TPS.

"Kita sudah koreksi dan besok (hari ini) ada 13 TPS melakukan pemungutan suara ulang (PSU) dan ada 13 TPS yang tidak terbukti," kata Ketua Bawaslu DKI Jakarta, Mimah Susanti kepada wartawan di Jakarta, Jumat(18/7/2014) malam.

Mimah mengatakan, pemungutan suara ulang harus dilakukan karena pemilu tahun ini memerlukan penanganan dengan baik, karena ini merupakan laporan masyarakat dan panwas harus segera melakukan penanganan dugaan adanya pelanggaran pemilu.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta akhirnya memutuskan untuk melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU) di 16 Tempat Pemungutan Suara (TPS). PSU tersebut akan dilaksanakan Sabtu (19/7/2014) mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB.

"KPU DKI harus melaksanakan pemungutan suara ulang di 16 TPS yang akan dilaksanakan besok Sabtu 19 Juli 2014 jam 07.00-13.00 WIB," demikian bunyi pesan Ketua KPU DKI Jakarta, Sumarno, kepada Tribunnews.com.

Menurut Sumarno, pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) tersebut karena adanya rekomendasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyusul adanya pemilih di TPS tersebut yang memilih dengan menggunakan KTP daerah.

Berikut 13 TPS tersebut:

1. Kelurahan Bendungan Hilir TPS 03 Jakarta Pusat
2. Kelurahan Bendungan Hilir TPS 05 Jakarta Pusat
3. Kelurahan Cideng TPS 03 Jakarta Pusat
4. Kelurahan Bangka TPS 09 Jakarta Selatan
5. Kelurahan Karet Tengsin TPS 24 Jakarta Pusat
6. Kelurahan Jatinegara TPS 31 Jakarta Timur
7. Kelurahan Lagoa TPS 99 Jakarta Utara
8. Kelurahan Kebon Bawang TPS 33 Jakarta Utara
9. Kelurahan Kebon Bawang TPS 40 Jakarta Utara
10.Kelurahan Kebon Bawang TPS 60 Jakarta Utara
11.Kelurahan Sunter Jaya TPS 95 Jakarta Utara
12.Kelurahan Sunter Agung TPS 26 Jakarta Utara
13.Kelurahan Sunter Agung TPS 103 Jakarta Utara


Tim Advokasi Prabowo Minta Pemungutan Suara di Jakarta Diulang

Tim Pembela Merah Putih yang merupakan tim advokasi pasangan Prabowo-Hatta menuntut diadakannya pemungutan suara ulang di sekitar 5800 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di DKI Jakarta. Pihaknya mengaku menemukan pelanggaran berupa pemilih siluman.

"Kami dapat informasi itu dari saksi-saksi, saksi itu sudah temukan adanya pelanggaran sejak di PHPU, dimana adanya pemilih yang tidak domisili di tempat TPS itu, boleh memilih tanpa dilengkapi formulir A5. Kejadian itu dicatat oleh saksi kita dan ternyata setelah kita kompilasi, kita kumpulkan, ada 5800 sekian TPS," kata anggota TMPT, Didi Supriyanto di Hotel Kartika Chandra, Jakarta Selatan, Rabu (16/7/2014).

Didi mengatakan, pihaknya telah mengajukan laporan temuan ini ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Dia berharap Bawaslu segera memberikan rekomendasi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk dilakukannya pemungutan suara ulang.

"Kami juga sudah ajukan laporan ke Bawaslu, maka kami harap Bawaslu segera mengambil langkah tindakan untuk memberikan rekomendasi kepada KPU melakukan pemilihan ulang khusus di Jakarta, lebih khusus lagi di TPS-TPS yang kita buktikan adanya kecurangan. Pemilih siluman itu jumlahnya lebih dari 227.000 orang," ujarnya. (detik)


Baca juga :