Aplikasi BlackBerry untuk Web PKS Piyungan | Sudah Tersedia di App World


| Rahmat El'azzm

Alhamdulillah, setelah menunggu sekitar 1 bulan akhirnya saya bisa menyelesaikan salah satu target pribadi saya untuk membantu memberikan kemudahan kepada para pengguna Blackberry  mengakses web PKS PIYUNGAN.

Dibuatnya aplikasi ini juga bagian dari respon atas banyaknya permintaan dari kader di seluruh penjuru dunia yang ingin terus up to date dan tidak kerepotan untuk membuka situs PKS PIYUNGAN. Sangking semangatnya saya sampai dalam sehari membuat 4 aplikasi Blackberry,  2 aplikasi bisa rilis dan 2 tertolak (denied) karena ada kesamaan konten di dalamnya. 

Aplikasi Blackberry versi 1

Aplikasi versi 1 yang diberi nama PKS Piyungan for BlackBerry adalah weblauncher, yang mengarahkan pengunjung kepada situs mobile PKS Piyungan dengan tampilan blogger. Satu kelebihannya adalah pengunjung bisa memberi komentar selayaknya membuka blog di PC, hanya saja tampilan mobile.



Aplikasi Blackberry versi 2 (rekomended)

Aplikasi versi 2 dengan nama PKS PIYUNGAN adalah hasil experimen saya yang kedua. dengan harapan menyempurnakan bagian pertama. Aplikasi ini dikembangkan dengan memanfaatkan RSS yang ada di situs PKS Piyungan. Kelebihannya apa saja? Aplikasi ini adalah native application. Artinya bukan sekedar weblauncher. Sehingga tampilannya tentu berbeda dan aplikasi ini benar-benar berjalan di Blackberry.


Selain itu, kelebihan dari veri 2 adalah ada notifikasi dalam setiap pembaruan (update) artikel di situs PKS Piyungan, sehingga pengguna akan dapat info ter update langsung dari Blackberry. Aplikasi versi 2 ini lebih rekomen dibanding versi pertama yang hanya weblauncher saja

Notifikasi ditunjukkan dengan logo blackberry di atas dan bintang merah pada icon aplikasi


CARA MENDOWNLOAD :

(1) Jalankan App World lalu searching dengan keyword 'pks piyungan'... akan tampil dua App dengan icon sama tapi beda nama. Versi 1 tertulis  'PKS Piyungan for BlackBerry', sedang Versi 2 tertulis 'PKS PIYUNGAN'. Saran: donlot yang versi 2.



(2) Cara ke-2 untuk donlot:

     - Versi 1 klik tombol di bawah ini dan ikuti prosedur pemasangan dari Blackberry Appworld.

    - Versi 2 klik tombol di bawah ini dan ikuti prosedur pemasangan dari Blackberry Appworld.


Di vendor account saya, masih ada 2 aplikasi yang denied dan akan saya coba submit ulang. Karena saya masih penasaran. Dan yang versi terakhir sebenarnya lebih lengkap featurnya.

Mohon untuk ikhwah yang sudah mendownload sempatkan untuk memberi ratting dan review di situs blackberry appworld tersebut. Saya masih benar-benar belajar, sehingga tentu banyak sekali kekurangannya. Mohon maaf dan semoga bermanfaat.

Wallohua'lam bishshawab

@AlGhuraba on twitter




NB:
Aplikasi Android untuk web PKS Piyungan sudah tersedia di Google Play (KLIK DOWNLOAD). Saat ini juga sedang dikembangkan Aplikasi PKS Piyungan untuk untuk beberapa smartphone. Karena keterbatasan saya pribadi sehingga waktu pengerjaannya cukup lama saya mohon maaf. Untuk iOS insyaalloh dikerjakan akhuna Rozi Abdullah, seorang dokter yang juga developper aplikasi. Untuk NOKIA masih nunggu rilis, dan untuk windows 8 sepertinya saya membutuhkan partner developper lain untuk berlomba-lomba dalam kebaikan :)


________________________________________________________
PKS PIYUNGAN - BLOG BERITA PARTAI KEADILAN SEJAHTERA
Baca juga :