@Setialesmana
Jurnalist
- Bismillahirrahmaniirahim. Tweeps, mhn ijin utk share ttg #PoliticalBranding. Semoga bermanfaat.
- Ktk bicara #PoliticalBranding maka kita hrs pahami dulu soal Political Barcode. Yaitu soal persepsi publik thd Parpol/politisi tsb.
- Barcode adl tanda2 yg hrs kita munculkan. Dlm berpolitik juga ada tanda2 yg hrs dimunculkan.
- Gampangnya; ketika Anda undang kawan2 ke restoran Anda, yg harus dicermati adal apa yg dibicarakan mrka setelah pulang.
- Kalau mereka bilang ke orang2, eh jangan ke restoran itu ya, nggak banget makanannya. itu artinya Barcode Anda jelek.
- Saat ini ada Parpol atau tokoh publik yang berbuat apa saja salah, selalu dipersepsi salah oleh publik.
- Silahkan Anda menilai diri sendiri, apakah semua yg anda lakukan itu selalu dianggap salah apapun.
- MIsalnya, ada Parpol, saat dia mau berkoalisi di Pilkada, kemanapun dia mengarahkan dukungan, pasti dianggap salah.
- Utk menuju Poltical Barcode yg tepat; maka harus dikuasai dulu #1 Own The Issue, menguasai isu yg tepat.
- #2. Start a Groundswell, #3 Turn out the Vote, dan #4 Keep Your Promises.
- #1 Own The Issue: mengidentifikasin issue, mengkompilasi issu, mendeskripsikannya, dan membuat solusinya.
- Jadi Politisi ataupun Parpol harus mampu mengidentifikasi issue dan kemudian memberi solusi2 yg dibutuhkan publik.
- Ketika Anda sdh terjebak pd barcode yg salah dlm konteks own the issue ini, maka harus segera keluar dr jebakan itu.
- kemudian membuat diferensiasi2 dan solusi kreatif yg dibutuhkan publik.
- Mulailah dari Groundswell (akar rumput). Tapi... cek dulu masih punyakah Anda akar rumput?
- Jika secara riil Parpol masih punya akar rumput, maka berbahagialah, setidaknya langkah berikutnya jelas.
- Mulailah dari isu atau hal2 kecil (fringe issue) yg memang dibutuhkan publik. Ingat Solusi utk publik!
- Jika dulu punya kerja2 riil dimasyarakat (Baksos, bantuan ekonomi, dan solusi2 riil bg masyarakat) kembalilah kesitu.
- Ukuran keberhasilan "start a Groundswell" itu gampang, muncul nggak dukungan spontanitas publik?
- Jika akar rumput berbondong2 sumbang tenaga ide, dana, tenaga; maka artinya upaya Anda berhasil!
- Itu yg tjd pd Obama, ketika banyak volunteer dgn sukarela menyumbang ide, tenaga, bahkan dana utk kemenangan Obama.
- Strategi berikutnya adl #3 Turn Out The Vote, bagaimana mengelola pemilih, terutama bagaimana menyentuh swing voters.
- Belajarlah dari konsep Penggembala Kambing spt yg dilakukan Rosulullah dimana kecil.
- Perbandingan Voters ada pada rumus 30:10:60. 30% adlh pemilih setia; 10% pemilih "bandel", dan 60% Swing Voters.
- Buatlah strategi agar voter yg 10% dan 60% itu bergabung dgn yg 30% itu kuncinya, dan itu tdk mudah!
- Strateginya: Your Issues is Provocative (isu yg luar biasa). Hrs ada isu luar biasa yg membuat Anda jd perhatian.
- Your momentum is building. Bangunlah momentum yg memuluskan penguasaan isu itu. ciptakan panggung!
- Selanjutnya adalah menangkan debat! karena akan muncul beragam pertanyaan yg menguji ketulusan Anda!
- Strategi berikutnya adalah #4 Keep Promises; buktikan semua janji2 Anda. jangan dibalik dgn bikin janji2 diawal!
- Buatlah publik menemukan bahwa betul Janji2 Anda itu sudah ditunaikan! dan itu dgn testimoni2 publik sendiri.
- Jadikan Parpol Anda jadi bahan omongan baik dimana2, di semua level masyarakat. bukan dgn Baliho atau spanduk gede2.
- Iklan, baliho dan spanduk itu hanya utk reminder publik bahwa Anda memang menunaikan semua janji Anda!
- Sekali lagi, jadikan kesaksian dari masyarakat menjadi iklan positif bagi Anda/Parpol Anda. itu jauh lbh efektif.
- Dalam bahasa kita, strategi getok tular itu jauh lebih efektif meyakinkan dukungan publik bagi Anda/Parpol Anda.
- Namun harus diingat, kunci keberhasilan getok tular adalah ketulusan dari kerja-kerja yg Anda lakukan selama ini.
- Kesimpulan dari diskusi soal #PoliticalBranding ini adalah, keikhlasan, ketulusan, dan tepati semua janji.
- Proses Branding itu tdk berangkat dari Common Sense, tapi dari metafora. gali dulu metaforanya!
- Proses menggali metafora (deep Branding) ini harus serius dan terus menerus dilakukan.
- Cek vote Journey (perjalanan pemilih) bertemu dgn isu Parpol Anda dimana & kapan saja pemilih baca opini ttg Anda?
- Gimana jk Anda kadung dipersepsikan buruk oleh pemilih? yakinkan Anda sdg bersihkan diri di titik Vote Journey itu.
- Kini menjaring masa via simpul2 massa besar (kyai, Majelis Taklim, dsb) seringkali nggak lagi efektif.
- Jaring massa lbh efektif via jaringan komunitas (club bikers, club olahrga, atau sejenisnya). Lbh kuat solidaritasnya.
- Disinilah pentingnya menggali harapan2 publik agar upaya bersih2 tadi dipersepsikan atau diterima baik oleh publik.
___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia